GIAT PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) OLEH IBU-IBU KADER JUMANTIK DESA BULU TAHUN 2023

19 Desember 2023
Komunitas Informasi Desa
Dibaca 226 Kali
GIAT PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN)  OLEH IBU-IBU KADER JUMANTIK DESA BULU TAHUN 2023

GIAT PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) OLEH IBU-IBU KADER JUMANTIK DESA BULU TAHUN 2023

Alhamdulilah, hari ini senin, 18 Desember 2023 telah dilaksanakan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) oleh petugas kesehatan dari puskesmas Sambit beserta kader Juru Pemantau Jentik atau dikenal dengan Jumantik yang seluruhnya tergabung dalam kelompok PKK (Program Kesejahteraan Keluarga) desa Bulu.

Kegiatan ini menjadi salah satu program tahunan yang rutin dilakukan khususnya pada saat memasuki musim penghujan. Mengingat persebaran dan perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypty penyebab penyakit demam berdarah (DBD) sagat menghawatirkan. “Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun bahkan lebih tergantung kondisi yang ada di lapangan. Yang dalam pelaksanaannya dibantu oleh ibu-ibu kader Jumantik.” tutur Siti Muzain Hamidah, Bidan desa Bulu.

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dimulai dari apel pagi di Polides Bulu yang dipimpin oleh Bidan desa, bu Siti Muzain Hamidah. Petugas Jumantik dibagi menjadi beberapa kelompok untuk kemudian menyebar ke seluruh wilayah desa Bulu melakukan pemeriksaan, pemantauan, juga pemberantasan sarang nyamuk Aedes Aegypty mulai dari tempat umum seperti balai desa, sekolah, pertokoan, masjid, mushola, hingga rumah-rumah warga.

Setiap tempat atau wadah yang disinyalir menjadi sarang nyamuk dilakukan pemeriksaan secara teliti. Kader jumantik juga membawa peralatan seperti senter untuk memudahkan kegiatan. Bak mandi atau tempat air yang didalamnya terdapat sarang nyamuk atau jentik langsung dikuras ditempat saat itu juga sebagai bentuk edukasi terhadap warga akan bahaya persebaran nyamuk demam berdarah, Aedes Aegypty.

Adapun tindak lanjut dari program Pemberatasan Sarang Nyamuk (PSN) adalah melahirkan jumantik mandiri (self jumantik) di setiap perumahan. Harapannya self jumantik mampu untuk melakukan langkah pemberantasan nyamuk 3M Plus secara mandiri dan berkala tanpa harus menunggu petugas kesehatan setempat. Langkah 3M Plus tersebut diantaranya:

  1. Menutup

Memberi tutup dan menutup rapat pada tempat-tempat yang menjadi sarang jentik nyamuk seperti bak mandi, kolam renang, kendi, galon, toren air, botol air minum dan sebagainya.

  1. Menguras

Membersihkan tempat yang sering menjadi tempat tampungan air seperti kolam renang, ember, penampung air lemari es dan lainnya.

  1. Mengubur

Mengubur adalah memendam di dalam tanah, sampah atau benda yang tidak berguna yang memiliki potensi tempat bersarang nyamuk Aedes Aegypty.

Selain poin 3M Di atas, poin Plusnya antara lain:

  1. Memberikan abate pada tempat penampungan air (diberi oleh petugas kesehatan)
  2. Menanam tanaman yang dapat menangkal nyamuk
  3. Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk
  4. Memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi yang ada di rumah
  5. Melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan secara bersama
  6. Meletakkan pakaian yang telah digunakan dalam wadah yang tertutup

 

 

Bulunesia_Official_Account:

https://www.youtube.com/@Bulunesia

https://www.Facebook.com/@Bulunesia

https://www.Instagram.com/@Bulunesia

https://www.Tiktok.com/@Bulunesia