YUKKKK........ SUKSESKAN IMUNISASI SUB PIN POLIO DESA BULU

16 Januari 2024
Komunitas Informasi Desa
Dibaca 150 Kali
YUKKKK........ SUKSESKAN IMUNISASI SUB PIN POLIO DESA BULU

Sub-Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio serentak mulai dilaksanakan di Kabupaten Ponorogo. Kegiatan ini menyasar seluruh komponen yang terdapat didalamnya anak-anak berusi 1 hari sampai 7 tahun, baik kelurahan maupun lembaga pendidikan dari jenjang PAUD TK hingga SD sederajat. Desa Bulu sendiri mendapatkan jadwal gelombang I pada hari selasa, 16 Januari yag lalu.

Pelaksanaan imunisasi ini didasarkan oleh temuan kasus poliomyelitis Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Pamekasan serta Sampang Provinsi Jawa Timur. Agar Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio tidak menyebar di wilayah tersebut, maka Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaksanakan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran pertama secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur, dan Jawa Tengah, serta Kabupaten Sleman, Yogyakarta, mulai Senin (15/1/2024).

Guna memastikan pemberian imunisasi polio lancar, pihak kesehatan dalam hal ini Puskesmas Sambit mengutus anggotanya untuk bekerjasama dengan bidan desa beserta aparatur yang telibat untuk mengadakan Sub Pin Polio di desa Bulu. Kegiatan ini turut dijaga dan diamankan oleh bapak Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakata (Bhabinkamtibmas) dari koramil setempat.

Gejala awal polio diawali dengan demam, kelelahan, sakit kepala, muntah, kaku leher dan nyeri di tungkai. Biasanya gejala ini muncul 7-10 hari setelah terinfeksi atau dengan rentang waktu 4-35 hari. Aakibat terburuknya, polio dapat menyebabkan terjadinya kelumpuhan pada anggota gerak (lemas). Lalu, Sebenarnya apa sihh tujuan Sub Pin Polio?

  • Mengurangi resiko penularan virus Polio yang datang dari negara lain.
  • Memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit Polio cukup tinggi
  • Memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus Polio.

Tenang ya bunda, bagi putra atau putrinya belum terimunisasi bisa menghubungi pusat kesehatan terdekat, baik polindes ataupun uskesmas. Salam Sehattt..........